MENGETAHUI TANDA-TANDA TANAMAN SINGKONG SIAP DICABUT DAN DIAMBIL UMBINYA

Memilih Singkong Berkualitas, Tanda-Tanda Tanaman Singkong Siap Diambil Umbinya

Memilih Singkong Berkualitas, Tanda-Tanda Tanaman Singkong Siap Diambil Umbinya

Singkong atau umbi ketela pohon menjadi salah satu hasil pertanian yang memiliki nilai ekonomi yang bagus. Tanaman singkong tidak hanya dapat ditanam sebagai tanaman pertanian utama. Ia juga bisa ditanam dengan sistem tumpang sari dan juga tanaman sampingan ditepi tanaman utama atau bahkan dipematang lahan pertanian. Tanaman ini cukup mudah dikembang-biakkan, yaitu melalui stek batang. Biasanya batang tanaman singkong yang telah dicabut dan dipanen umbinya akan dijadikan sebagai bibit baru. Tumbuhan singkong akan dipanen ketika telah memiliki umbi besar serta umur yang cukup. Tanda-tanda dari tanaman singkong yang siap dicabut untuk diambil umbinya cukup mudah dikenali kok. Untuk anda yang ingin mengetahui tanda-tanda tanaman singkong yang siap dicabut dan diambil umbinya, baca saja penjelasan dibawah ini!.

Tanda-tanda Dari Tanaman Singkong Yang Siap Dicabut Dan Diambil Umbinya

  • Tanaman singkong yang siap dicabut untuk dipanen ubinya haruslah cukup umur. Jadi singkong tidak hanya berukuran besar saja, namun juga harus berusia mapan. Umbi singkong akan berumur tua dan siap panen ketika telah berusia sekitar 6 bulan dihitung dari masa penanaman.
  • Umur tanaman singkong yang tua tidak hanya dapat dihitung dari hari atau bulannya saja. Tanda dari tanaman singkong yang tua juga bisa dilihat dari fisik tanaman, salah satunya lewat bunga tanaman yang akan muncul ketika tumbuhan sudah tua.
  • Tanda selanjutnya dari tanaman singkong yang siap diambil umbinya bisa dilihat dari batangnya. Jika batang bagian bawah tanaman bekas tangkai daun sudah mulai hilang tonjolannya dan jarak antar bekas tangkai makin lebar antara satu dengan yang lainnya juga bisa menjadi indikasi bahwa tanaman sudah tua. Kondisi batang ini berbeda saat ia masih muda. Ketika muda, tonjolan antar bekas tangkai daun lebih rapat.
  • Tumbuhan umbi kayu yang batang bagian bawahnya telah halus juga menjadi tanda berikutnya bahwa si tanaman memang sudah berumur dan siap dipanen. Untuk batang tanaman yang masih kasar tentu bisa diartikan bahwa tanaman masih muda dan mungkin saja umbi belum tumbuh besar.
  • Tanaman ketela pohon yang tua juga akan memiliki daun yang berada pada bagian atas tanaman. Kemudian juga akan tumbuh percabangan kecil pada bagian bawah batang tanaman.
  • Hal terpenting ketika akan mencabut tanaman singkong tentunya melihat ukuran dari si umbi. Umbi yang besar selain diperkirakan dari usia tanaman juga bisa dibuktikan langsung melalui pengamatan. Anda bisa mengorek sedikit tanah yang mengelilingi tanaman. Jika bisa dilihat umbinya dan memiliki ukuran besar, tentu sudah layak untuk dipanen.




Umbi dari dari tanaman ini digunakan sebagai bahan pangan yang kaya akan kandungan karbohidrat. Ada begitu banyak olahan berbahan dasar umbi ini. Yang termudah dari pengolahan umbi ini adalah direbus, kukus, goreng atau dibakar. Singkong juga bisa di ekstrak saripatinya dan dijadikan sebagai tepung tapioka. Dengan wujud tepung tapioka, masa penyimpanan umbi bisa lebih lama dan juga dapat dikreasikan menjadi makanan baru yang memiliki harga lebih tinggi.

Demikian penjelasan singkat terkait dengan “Mengetahui Tanda-Tanda Tanaman Singkong Siap Dicabut Dan Diambil Umbinya. Tulisan ini merupakan pemikiran penulis berdasarkan pada pengetahuan, pengamatan, dan juga dari referensi yang penulis ketahui. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi! Terima Kasih.