MENGENAL KELUARGA BURUNG COLUMBIDAE (MERPATI ATAU DARA) SERTA TUJUAN MEMELIHARANYA

Merpati Karang Ekor Kipas

Terkait Dengan Keluarga Columbidae (Merpati Atau Dara)

Merpati Karang Ekor Kipas
Merpati Karang Ekor Kipas, Sumber Gambar : https://merpatihiaspacitan.com/index.php/produk/5332/MERPATI+KIPAS+SIMBAR+PA+NJANG+29122021

Burung keluarga Columbidae terdiri dari ratusan spesies. Dalam kehidupan sehari-hari, kita lebih mengenalnya family burng ini dengan dua jenis sebutan, yaitu merpati dan dara. Ada menyebut bahwa dara dan merpati merupakan penamaan yang sama dari nama burung keluarga ini. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa merpati merupakan sebutan burung keluarga Columbidae yang berukuran besar. Sedangkan dara untuk menyebut burung keluarga Columbidae yang berukuran kecil. Terlepas dari dua perbedaan penyebutan dan penamaan tersebut, burung-burung ini adalah keluarga burung yang sering kita temui. Pada kehidupan sehari-hari, kita juga lebih mengenal burung-burung keluarga Columbidae dengan nama-nama lain yang khusus tanpa embel-embel dara atau merpati, contohnya perkutut, tekukur, brenggolo, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sedangkan untuk embel-embel merpati, kita lebih sering menyebutnya untuk jenis merpati batu atau karang (Columba livia) atau hanya disebut dengan nama burung dara.

Mereka memiliki bentuk paruh yang relatif sama, yaitu seperti burung merpati karang, atau tekukur yang sering ada dipekarangan. Kebanyakan burung Columbidae adalah herbivora dengan makanan yang berupa daun, buah serta biji-bijian. Namun yang paling banyak adalah pemakan biji-bijian. Dengan pakannya yang dihasilkan dari tanaman, di Indonesia populasi dari burung-burung ini sangatlah banyak. Merpati atau dara juga menjadi salah satu jenis burung yang biasa dipelihara oleh manusia. Banyak tujuan darin kegiatan memelihara burung keluarga columbidae (merpati atau dara)



Tujuan Memilihara Burung Keluarga Columbidae (Merpati Atau Dara) Oleh Manusia

Ada lima tujuan memelihara ternak burung-burung family Columbidae (merpati Atau dara), dibawah ini adalah tujuan-tujuan pemeliharaan tersebut :

  • Sebagai Burung Hias

Ada begitu banyak merpati yang memiliki bulu dengan warna-warna menarik dan juga bentuk yang Unik. Beberapa Contohnya adalah merpati batu ekor kipas, merpati mahkota, punai, merpati Nikobar, merpati jambul, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Sebagai Burung Kicau Yang Didengarkan Suaranya

Burung-burung merpati atau dara juga memiliki suara kicauan yang indah dan menenangkan pikiran. Untuk contoh dari merpati dan dara yang dipelihara dengan tujuan didengarkan suara kicaunya ada perkutut, tekukur, dan brenggolo.

  • Sebagai Burung Untuk Dipertandingkan Kecepatan Terbangnya

Merpati batu yang sering dijadikan simbol dari kesetian juga dipelihara oleh manusia dengan tujuan untuk dipertandingkan kecepatannya saat terbang. Caranya adalah dengan memanfaatkan sifat merpati jantan yang setia pada si betina. Dengan kesetiaannya, ia akan terbang dan menghampiri merpati betina walau berjarak hingga berkilo-kilo meter. Burung ini juga merupakan burung dengan ingatan kuat, jadi ia akan mengingat dimana lokasi perlombaan berada yang tentunya tempat si betina. Namun menurut penulis, kegiatan balapan ini terkesan menyiksa burung, sebab hanya dipaksa untuk terbang secepat mungkin untuk menghampiri pasangannya.

  • Sebagai Kurir Atau Pengantar Surat

Dimasa lalu, sebelum adanya kendaraan transportasi yang maju seperti sekarang, dan juga surat elektronik (e-mail) orang-orang memberi kabar melalui pesan atau surat yang dibawa oleh merpati di kakinya. Jenis merpati karang atau batu yang juga biasa dipertandingkan kecepatan terbangnya juga menjadi aktor dari pembawa pesan manusia. Dengan ingatannya yang kuat, merpati batu yang bahkan sudah dibawa dahulu dari tempat asalnya oleh manusia akan mengingat tempat tinggalnya dulu sehingga ia akan kembali. Sama seperti merpati batu yang digunakan untuk balapan, si jantan juga yang biasa menjadi merpati pengantar pesan. Namun sekarang peran merpati pengirim surat atau pos ini sudah tidak ada yang melakukannya. Kalau ada mungkin juga bukan untuk tujuan utama, melainkan hanya untuk keseruan saja. Sungguh miris jika masih ada yang melakukannya untuk hiburan.

  • Sebagai Bahan Pangan Manusia

Daging dari merpati juga memiliki rasa yang nikmat. Jenis merpati dengan ukuran besar seperti merpati karang, tekukur, dan brenggolo, menjadi yang paling banyak dipelihara serta disembelih  untuk dimakan oleh manusia. Dari ketiga contoh tersebut, merpati karang menjadi yang paling banyak dijadikan sebagai konsumsi oleh manusia. Harganya yang murah, pemeliharaan yang mudah, serta pengembang-biangan yang cepat menjadi alasan mengapa ia sering disembelih.

Demikian penjelasan singkat terkait dengan “Mengenal Keluarga Burung Columbidae (Merpati Atau Dara) Serta Tujuan Manusia Memeliharanya”. Tulisan ini juga berdasarkan pengetahuan, pengamatan, pendapat pribadi penulis dan juga dari referensi. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi! Terima Kasih.

Referensi :

Wikipedia. “Columbidae”. https://id.wikipedia.org/wiki/Columbidae (diakses 19 Agustus 2021).

“Merpati Karang”. https://id.wikipedia.org/wiki/Merpati_karang