BATOK, SI CANGKANG KERAS BIJI KELAPA YANG MEMILIKI BANYAK MANFAAT

Berbicara tentang manfaat yang bisa didapatkan dari tanaman kelapa mungkin tiada habisnya, karena begitu banyak. Pada buah kelapa saja tiap bagiannya memiliki banyak manfaat serta berbeda-beda. Batok yang merupakan cangkang keras pada biji kelapa juga memiliki banyak manfaat. Ia tidak hanya melindungi daging, serta air yang biasa dimanfaatkan sebagai sumber pangan bagi manusia atau sumber nutrisi untuk tunas kelapa atau cikal jika ditanam. Setidaknya ada tiga jenis kelompok pemanfaatan dari batok kelapa, diantaranya:

  • Pemanfaatan paling banyak dan mudah yang bisa didapatkan dari batok kelapa adalah menggunakannya sebagai bahan bakar atau kayu bakar untuk keperluan memasak. Batok kelapa juga mudah terbakar, sebab ia memiliki kandungan minyak atsiri seperti halnya minyak goreng kelapa. Dan kandungan minyak ini yang membuatnya mudah terbakar.
  • Kelompok pemanfaatan kedua dari batok kelapa adalah dijadikan sebagai bahan kerajinan tangan. Ada begitu banyak kerajinan yang bisa dihasilkan dari batok kelapa, contohnya tas, pick gitar, centong nasi, sendok, gantungan kunci, gayung (dari batok kelapa gabuk atau kraon), dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • Untuk kelompok pemanfaatan dari batok kelapa yang ketiga adalah digunakan sebagai bahan baku pembuatan arang batok kelapa. Arang batok kelapa pun memiliki kualitas yang baik. Tidak hanya diperjual-belikan dalam bentuk arang, yang sedang menjadi trend perdagangan adalah briket. Briket ini adalah arang yang dihancurkan kemudian dipadatkan kembali seperti bentuk dadu.




Demikian penjelasan singkat terkait dengan “Batok, Si Cangkang Keras Biji Kelapa Yang Memiliki Banyak Manfaat. Tulisan ini merupakan pemikiran penulis berdasarkan pada pengetahuan, pengamatan, dan juga dari referensi yang penulis ketahui. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi! Terima Kasih.