TERNYATA! TERNA KETUMPANG AIR ATAU SIRIH CHINA YANG SERING DIANGGAP TANAMAN LIAR DAN GULMA BISA DIJADIKAN OBAT

Ketumpang Air Atau Sirih China

Gulma merupakan sebutan yang diberikan oleh manusia untuk tanaman non pangan atau pertanian yang mana akan mengambil nutrisi dari tanah sehingga akan menjadi pesaing dari tanaman pertanian utama yang memang sengaja ditanam oleh petani. Ada begitu banyak jenis gulma dalam dunia pertanian. Meski berstatus sebagai gulma, ada banyak dari mereka yang memiliki nilai guna bagi manusia. Ketumpang air atau sirih cina menjadi salah satu tanaman liar yang dianggap sebagai gulma dan bisa dijadikan sebagai obat beberapa penyakit.

Mengetahui Lebih Banyak Informasi Tentang Tanaman Ketumpang Air Atau Sirih Cina Yang Ternyata Bisa Dijadikan Sebagai Obat

Ketumpang Air Atau Sirih China

Ketumpang atau tumpang air merupakan terna kecil yang sering tumbuh secara liar di pekarangan atau area pertanian kering seperti kebun, tegal, serta pematang sawah. Tanaman ini memiliki beberapa sebutan, diantaranya sirih cina, tumpang angin, dan suruhan. Alasan ia disebut sebagai sirih China atau suruhan karena batang dan daunnya memiliki aroma seperti daun sirih. Tanaman tumpang air ini merupakan anggota familia Peperaceae. Nama ilmiah dari tanaman ini adalah Peperomia pellucida. Tumbuhan ini terdapat di Wilayah Asia dan Amerika. Ia tumbuh secara alami ditempat lembab dan teduh, namun tidak tergenang air. Sering pula ia tumbuh diantara sela-sela akar tanaman kelapa.

Sebagai terna, ketumpang air ini memiliki batang lunak dengan kandungan air tinggi. Tanaman ini bisa tumbuh hingga memiliki tinggi 45 cm. Batang serta tangkai daun memiliki permukaan halus, berwarna hijau muda dan ada juga yang memiliki sedikit warna kemerahan. Bagian dalam batang dan tangkai daun transparan layaknya jelly. Batang tanaman tidak berserat dan mudah patah. Percabangan batang banyak dan berkelok-kelok. Tanaman sirih Cina memiliki daun tunggal, bertangkai, berbentuk hati dengan warna hijau mengkilap pada bagian atas. Daun tumbuhan ini juga tinggi akan kandungan air.




Sirih Cina merupakan tanaman berbunga majemuk. Bunga terdapat pada tandan dengan tangkai panjang. Ukuran bunga kecil dengan warna kelopak hijau. Dari bunga ini kemudian dihasilkan biji dengan ukuran yang begitu kecil. Biji ini menjadi bakal dari tanaman baru (perkembang-biakan secara generatif). Untuk perakaran, tanaman ini memiliki akar tunggang dan akar serabut.

Bagian daun, tangkai daun, tangkai bunga, serta batang tanaman memiliki aroma khas seperti daun sirih. Rasa dari bagian-bagian ini getir dan sedikit ada rasa pedasnya. Dan dari tangkai bunga dan daun, serta batang tanaman ini pula bisa diperoleh manfaat. Pemanfaatannya sebagai obat juga cukup bervariasi, ada yang merebusnya dahulu untuk mendapatkan khasiatnya, ditumbuk, serta adapula yang menyeduhnya dengan air hangat. Semua tergantung sakit apa yang diderita. Terdapat banyak kandungan zat yang bermanfaat dari tanaman ini, diantaranya minyak atsiri, saponin, alkaloid, lemak, kalsium oksalat dan masih banyak lagi yang lainnya. Ketumpang air bisa digunakan untuk mengobati banyak penyakit, beberapa diantaranya : jerawat, radang kulit, bisul, sakit perut, bengkak, pegal-pegal, ganguan kemih, mengurangi asam urat, mengobati kolik, dsb.

Demikian penjelasan singkat terkait dengan “Terna Ketumpang Air Atau Sirih China Yang Sering Dianggap Tanaman Liar Dan Gulma Bisa Dijadikan Obat. Tulisan ini merupakan pemikiran penulis berdasarkan pada pengetahuan, pengamatan, dan juga dari referensi yang penulis ketahui. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi! Terima Kasih.

Referensi :

Cybext Pertanian Indonesia. “Ketumpang Air Dan Manfaatnya”. http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/84603/Ketumpang-Air-Dan-Manfaatnya/ (diakses 21 Januari 2022).

“Pernak-pernik Daun Sirih Cina Dan Manfaat”. http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/95346/Pernak-Pernik-Daun-Sirih-Cina-Dan-Manfaat/

Wikipedia. “Tumpang Air”. https://id.wikipedia.org/wiki/Tumpang_air