MENGENALI CIRI-CIRI BUAH PEPAYA YANG TELAH MATANG

Buah Pepaya Yang Telah Matang

Informasi Singkat Tentang Pepaya

Buah Pepaya Yang Telah Matang
Sumber Gambar : https://pertanian.sultengprov.go.id/cegah-busuk-akar-pepaya/

Pepaya menjadi salah satu buah yang bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia. Harga dari buah pepaya cukup terjangkau. Ia juga dikenal memiliki gizi yang melimpah : diantaranya vitamin A, C dan masih banyak lagi yang lainnya, Ada juga serat dan air yang tinggi, hingga baik untuk pencernaan. Daun, serta bunga dari tanaman pepaya juga menjadi salah satu bahan pangan yang biasa dijadikan sayur sebagai oleh sebagian masyarakat Indonesia. Tanaman dari buah yang ini cukup mudah tumbuh. Ia berkembang-biak melalui bijinya. Biji berwarna hitam dari buah pepaya yang telah matang akan tumbuh dengan baik pada kondisi tanah yang mengandung unsur hara tinggi dan juga memiliki air yang cukup.

Tanaman pepaya merupakan tanaman dari wilayah tropis Amerika Selatan yang memiliki nama ilmiah dari tanaman ini adalah Carica papaya L. Namun sekarang, tanaman ini telah tersebar luas di lima Benua di dunia. Tanaman pepaya memiliki batang tegak serta dapat mencapai tinggi 5 meter. Ia berbatang tunggal pada bagian bawah atau pangkal, kemudian untuk bagian atas bisa bercabang. Ketika dipotong pucuknya, cabang juga akan lebih cepat tumbuh dan menjadi pucuk baru yang muncul dari atas tangkai daun. Batang bagian atas tangkai daun juga menjadi tempat untuk munculnya bunga yang nantinya akan menjadi buah. Kemudian ia memiliki batang dan tangkai daun yang berongga. Daun tanaman pepaya yang tua memiliki ukuran lebar, lebarnya bisa sampai 50 cm.



Ciri-ciri Dari Buah Pepaya Yang Sudah Matang

  • Mengetahui ciri-ciri dari pepaya yang sudah matang bukanlah hal yang sulit. Dari bagian kulitnya sudah dapat diketahui bahwa buah pepaya sudah matang. Adapun kulit dari buah pepaya yang mengindikasikan bahwa ia telah matang adalah adanya kulit yang berwarna kuning. Memang varietas pepaya yang akan matang dengan kulit berwarna kuning berbeda-beda. Ada yang kulitnya hanya kuning sebagian atau pada bagian tertentu, dan adapula yang kulitnya kuning secara menyeluruh. Namun ketika kulit buah telah berwarna kuning secara menyeluruh, maka juga bisa menjadi pertanda bahwa buah benar-benar matang. Agar bisa memperoleh buah pepaya yang matang secara baik, anda bisa menggunakan ciri-ciri lain dibawah ini.
  • Buah pepaya yang telah matang juga bisa dikenali lewat daging buah yang akan terasa lebih empuk ketika ditekan. Namun jangan menekannya terlalu keras ketika ingin mengetahui bahwa si buah sudah matang atau belum. Sebab jika ditekan secara berlebihan dan pada area yang luas bisa menjadikan daging buah benjut atau kempes.
  • Kandungan getah yang sedikit dari buah pepaya juga menjadi salah satu indikasi bahwa ia telah matang atau masak. Ketika dipetik, tangkai buah pepaya biasanya akan mengeluarkan getah, dan untuk pepaya yang telah matang, tentu getahnya sedikit. Sedikit sayatan pada bagian kulit buah yang telah matang juga tidak mengeluarkan getah. Namun cara ini sebaiknya tidak dilakukan. Sebab jika pepaya masih muda, ia bisa membusuk karena adanya sayatan tersebut.
  • Tangkai dari pepaya yang sudah matang juga akan lebih mudah patah dibandingkan dengan pepaya yang belum matang. Jadi ketika anda memetik buah pepaya dan sudah terdapat warna kuning pada kulit dengan tekstur daging yang empuk, maka sudah bisa menjadi pertanda bahwa buah telah masak.
  • Untuk ciri-ciri selanjutnya dari buah pepaya yang telah masak adalah dengan membelahnya dan melihat warna dari daging buah. Buah pepaya yang telah matang akan memiliki daging berwarna orange atau jingga.
  • Lalu untuk ciri-ciri berikutnya dari buah pepaya yang matang adalah biji buah yang berwarna hitam dengan ditutupi selaput bening sedikit kekuningan.
  • Buah pepaya yang matang juga akan memiliki aroma wangi. Hal ini berbeda dengan pepaya mentah yang tidak memiliki aroma wangi.
  • Untuk indikasi selanjutnya dari pepaya yang matang adalah kandungan air yang tinggi pada daging buah.
  • Kemudian untuk analisa terakhir yang bisa digunakan untuk mengetahui bahwa buah pepaya telah matang adalah daging yang berasa manis. Daging yang manis ini juga menjadi salah satu indikator dari buah pepaya yang berkualitas tinggi.

Demikian penjelasan singkat terkait dengan “Mengenali Ciri-ciri Buah Pepaya Yang Telah Matang”. Tulisan ini merupakan pemikiran penulis berdasarkan pada pengetahuan, pengamatan, dan juga dari referensi. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi! Terima Kasih.

Referensi :

Wikipedia. “Pepaya”. https://id.wikipedia.org/wiki/Pepaya (diakses 19 Oktober 2021).