KARAKTERISTIK BUAH MATOA YANG MATANG ATAU RANUM DAN BERKUALITAS

Buah Matoa Yang Matang, Buah Matoa Sekarang Menjadi Salah Satu Primadona Di Indonesia

Saat ini, matoa menjadi salah satu buah yang dikenal luas oleh masyarakat di Indonesia. Buah yang dihasilkan dari tanaman matoa ini adalah spesies asli dari Pulau Papua. Kemudian menyebar dan banyak dibudidayakan di Pulau lain di Indonesia, termasuk juga di Jawa. Harga dari buah matoa untuk tiap kilogram tergolong bagus. Hal ini karena rasa dari daging buah yang lezat dan juga kaya akan kandungan gizi. Buah matoa biasa dijual ketika sudah matang atau ranum. Untuk mengetahui karakteristik dari buah matoa yang matang dan juga berkualitas bagus, mari baca artikel di bawah.

Buah Matoa Yang Matang

Karakteristik Buah Matoa Yang Matang

  • Buah matoa yang matang kulitnya telah berubah warna menjadi merah hingga merah darah, ada juga varietas tanaman matoa yang mempunyai buah berwarna kekuningan saat ranum. Berbeda dengan buah yang masih mentah, dimana warnanya hijau muda hingga hijau gelap.
  • Matoa yang telah ranum mempunyai kulit cangkang yang lebih mudah untuk dipecahkan, karena tipis. Untuk matoa mentah, kulit buah susah dipecahkan dan juga lebih tebal.
  • Antara cangkang buah serta daging buah dari matoa yang telah ranum mudah untuk dipisahkan. Sebab antara keduanya terdapat lapisan licin dengan permukaan halus seperti kulit ari.
  • Daging dari matoa yang ranum berasa manis, memiliki kandungan air yang banyak, serta daging yang tebal.
  • Matoa yang telah matang, dagingnya juga lebih mudah dikelupas atau dipisahkan dari bijinya.



Memilih Buah Matoa Yang Berkualitas

  • Untuk melihat buah matoa yang berkualitas bisa dengan mengenali kulit terluar buah. Dimana ketika masih segar, maka akan menjadi tanda bahwa si buah telah matang.
  • Tangkai yang masih hijau dan menempel dengan kuat pada buah juga menjadi tanda lain dari buah matoa yang masih segar dan juga berkualitas. Lebih baik lagi jika masih menempel pada tangkai utama atau tandannya.
  • Cangkang dari buah matoa yang telah matang dan berkualitas baik masihlah segar dan bisa dikupas dengan mudah. Ketika buah adalah lama dan agak layu, maka cangkang akan susah dipecahkan dan dikupas.
  • Buah matoa yang ranum dan berkualitas juga memiliki daging yang masih segar berasa manis, dan kandungan airnya.
  • Untuk membeli buah matoa yang berkualitas, jangan memilih yang telah retak atau pecah cangkangnya. Karena hal ini mengindikasikan si buah berkualitas buruk. Cangkang yang retak atau pecah juga membuat buah cepat busuk.

Demikian penjelasan singkat terkait dengan “Karakteristik Buah Matoa Yang Matang Atau Ranum Dan Berkualitas”. Tulisan ini merupakan pemikiran penulis berdasarkan pada pengetahuan, pengamatan, dan juga dari referensi. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi! Terima Kasih.