ECENG GONDOK, TANAMAN GULMA YANG MEMILIKI BANYAK MANFAAT BAGI MANUSIA

Mengenal Ciri-ciri Dari Tanaman Eceng Gondok

Eceng gondok merupakan salah satu jenis tanaman yang biasa dianggap sebagai gulma. Tanaman yang satu ini biasa hidup dipermukaan air seperti danau, rawa, bendungan, sungai selokan, saluran irigasi atau bisa juga dipelihara pada kolam. Lumpur juga menjadi salah satu tempat untuk hidup eceng gondok, karenanya tidak heran jika ia biasa ditemukan disawah, pinggir sungai atau tempat berlumpur lainnya. Ia juga sering tumbuh diantara tanaman padi disawah. Namun untuk eceng gondok yang tumbuh disawah biasanya tidak memiliki tubuh yang besar, selain karena dicabut atau dibasmi oleh petani, terhalangnya ia dari sinar matahari karena tanaman padi juga menjadikannya tidak tumbuh besar.

Eceng Gondok Memiliki Manfaat
Bunga dan Buah Eceng Gondok

Ciri dari tanaman yang satu ini adalah warna hijau pada sebagian besar tumbuhan yang ada dipermukaan, hanya terdapat sedikit warna putih pada pangkal pelepah dan batangnya. Batang utama dari tanaman ini tertutupi oleh pelepah seperti halnya tanaman talas. Pelepah ini pula yang menyambung sampai pada daun, atau bisa dikatakan sebagai tangkainya. Tangkai dari eceng gondok terdiri dari serat dan memiliki rongga didalamnya. Daun dari eceng gondok memiliki bentuk seperti hati. Meski dianggap sebagai gulma, tanaman eceng gondok sebenarnya maish memiliki manfaat.



Beberapa Manfaat Yang Dimiliki Dan Bisa Diambil Dari Tanaman Eceng Gondok.

  • Digunakan Sebagai Tali

Tangkai dari eceng gondok yang terdiri dari serat kecil yang saling berkaitan bisa menjadikannya sebagai tali yang kuat. Untuk mengolah batang tanaman yang satu ini menjadi tali juga tidak sulit. Cukup dengan dihilangkan air pada batangnya, atau bisa dikatakan dikeringkan. Setelah itu tangkai daun bisa digunakan sebagai tali yang kuat. Untuk menambah kekuatannya, tangkai daun eceng gondok yang sudah kering juga bisa dianyam dan disambung menjadi tali tambang. Selain itu, tangkai daun tanaman eceng gondok juga bisa digunakan untuk bahan membuat kerajinan, contohnya tas, lampion, pot, hingga furniture

  • Dijadikan Sebagai Pakan Ternak

Kecuali akarnya, tanaman eceng gondok bisa dijadikan sebagai pakan ternak, mulai dari mamalia seperti sapi, kerbau, kambing, domba, kelinci, kuda dan mamalia pemakan rumput lainnya. Eceng gondok juga bisa dijadikan sebagai pakan ternak unggas, yaitu bebek dan ayam. Tangkai daun, daun, bunga, dan buahnya dan batang dipotong kecil-kecil kemudian dicampurkan dalam dedak atau bekatul dan diberikan sebagai pakan dua jenis unggas diatas.

  • Dijadikan Sebagai Tanaman Hias

Untuk yang memiliki kolam ikan baik kolam ikan hias atau ikan konsumsi, eceng gondok juga bisa memberikan manfaat. Tanaman yang satu ini bisa menjadi penyerap urin dari kotoran ikan dan menjadikan air tetap aman untuk ikan. Kotoran ikan ini juga bisa menjadi pupuk alami dari si tanaman eceng gondok. Selain itu, dengan adanya tanaman ini, ia juga bisa menghasilkan oksigen dari fotosintesis yang dilakukannya. Eceng gondok juga dapat berbunga dan memiliki warna ungu yang indah. Dan untuk buahnya berbentuk bulat dengan dalam satu tangkai terdiri dari beberapa buah. Bahkan untuk ikan herbivora besar, dan omnivora bisa juga memakan tanaman eceng gondok, contoh ikan yang biasa memakannya adalah lele.

Demikian informasi tentang “Eceng Gondok, Tanaman Gulma Yang Memiliki Banyak Manfaat Bagi Manusia”. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi! Terima Kasih!