TANAMAN BAMBU YANG BERMANFAAT BAGI KEHIDUPAN MANUSIA

Tanaman Bambu

 

Penjelasan Singkat Mengenai Tanaman Bambu

Bambu atau yang dalam bahasa Jawa disebut pring menjadi salah satu tanaman yang cukup familiar bagi orang-orang di Indonesia dan juga dunia. Batang dari tanaman bambu juga menjadi salah satu bahan untuk senjata legendaris dari bangsa Indonesia untuk melawan penjajah yang disebut sebagai bambu runcing. Walaupun julukan Negeri Bambu ada pada Negara China atau saat ini disebut Tiongkok. Namun Negara kita Indonesia juga memiliki sumber daya alam berupa pohon bambu yang melimpah dan banyak jenisnya, mulai ukuran yang kecil dan pendek sampai yang tinggi dan besar. Pohon bambu tumbuh memanjang keatas dengan tinggi hingga beberapa meter. Banyak manfaat yang bisa didapat dari tanaman ini. Bagian tanaman bambu yang biasa dimanfaatkan oleh manusia adalah batangnya. Dibawah ini beberapa pemanfaatan tanaman bambu bagi manusia :

  • Bahan Bangunan

Bambu memiliki batang yang kuat dan bisa dijadikan sebagai bahan bangunan. Orang di Negara Indonesia zaman dahulu tidak hanya menggunakan kayu sebagai bahan bangunannya. Bambu juga bisa menjadi salah satu penunjang sebuah bangunan. Tiang, dinding (bilik bambu), pintu, rangka atap yang nantinya diberi rumbia atau genteng juga bisa menggunakan material ini.

  • Bahan Kerajinan

Tumbuhan bambu tidak hanya menjadi material untuk bangunan saja. Banyak pula kerajinan yang dibuat dengan memanfaatkan batang bambu. Peralatan masak, bilik bambu, mebel seperti meja dan kursi, dan masih banyak lagi kerajinan yang bisa dibuat dari material ini.

  • Bahan Pangan

Batang bambu memang dikenal dengan kekuatannya yang bisa menjadi material bangunan dan juga kerajinan. Namun ketika masih muda, beberapa jenis bambu juga dapat dijadikan sebagai bahan pangan. Tumbuhan bambu muda yang bisa dimakan biasa disebut dengan rebung. Rebung adalah tunas muda dari tanaman bambu yang masih lunak berbentuk kerucut dengan warna coklat- kehitaman. Apabila anda tidak tahu jenis bambu apa yang bisa dimakan, bertanyalah pada orang yang tahu tentang hal ini. Dipasar tradisional rebung juga bisa ditemukan dan dibeli untuk kemudian dimasak menjadi sayur santan jenis lodeh.


Demikian penjelasan singkat tentang “Bermanfaatnya Tanaman Bambu Bagi Kehidupan Manusia”. Selain tiga manfaat diatas, tanaman bambu juga menjadi tanaman yang bisa menghasilkan oksigen dari proses fotosintetis seperti halnya tanaman pada umumnya.Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi ! Terima Kasih !

Galeri Gambar :

Tanaman Bambu
Bambu Jawa

 

Tanaman Bambu
Bambu Apus

6 thoughts on “TANAMAN BAMBU YANG BERMANFAAT BAGI KEHIDUPAN MANUSIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *