MARI MENGENAL TANAMAN HIAS SIRIH GADING

Ragam Info Tentang Tanaman Hias Sirih Gading

Sirih gading (Epipremnum aureum) merupakan spesies tanaman berbatang merambat dari marga Epipremnum, famili Araceae (Talas-talasan). Flora sirih gading biasa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tanaman hias. Tumbuhan ini bisa hidup liar secara semi-epifit. Dimana ia mendapatkan nutrisi dari air hujan atau uap, kemudian untuk unsur hara dari pelapukan batang tanaman. Tapi, karena ia semi epifit, ia juga menyerap air serta hara dari tanah atau media tanam. Tanaman merambat ini biasa menumpang pada tanaman lain yang biasanya berbatang besar, berkayu, dan kuat untuk merambat. Untuk tujuan hiasan, ia juga biasa dirambatkan pada tiang buatan. Tumbuhan sirih gading juga bisa ditanam dengan media tanam air saja.

Tanaman Hias Sirih Gading
Sumber Gambar : http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/89306/Stek-Sirih-Gading-Dan-Perawatannya/

Terdapat banyak kemiripan secara morfologi antara sirih gading dengan sirih biasa (Piper betle). Tumbuhan sirih gading mempunyai batang merambat dengan bentuk silindris berwarna hijau. Batang mempunyai ruas tiap bagian yang tumbuh daun. Disisi lain ruas batang yang ditumbuhi daun terdapat akar tanaman. Akar dari tanaman ini digunakan untuk berpegangan pada tiang atau tanaman tempat ia merambat, bernafas, mengambil air dan hara dari dekomposisi batang tanaman dimana ia merambat. Dari batang yang memiliki ruas bisa dipotong untuk tujuan di stek dan ditanam untuk perbanyakan (perkembang-biakan vegetatif).




Daun tanaman merupakan daun tunggal dengan bentuk hati, bertangkai, ujung runcing, permukaan halus dan mengkilap, berwarna hijau kombinasi putih-hingga kekuningan. Motif dari lembaran daun sirih gading tidak sama antara satu daun dengan daun lainnya. Hal ini juga menjadi daya tarik dari tanaman ini. Daun dari tumbuhan sirih gading yang ditanam pada tanah atau bidang lahan yang luas dapat mempunyai pertumbuhan yang cepat dan berukuran besar. Untuk yang ditanam dalam pot perkembangannya tentu lebih lambat. Ukuran daun serta tanaman yang ditanam dalam pot juga lebih kecil.

Demikian penjelasan singkat terkait dengan “Tanaman Hias Sirih Gading“. Tulisan ini juga berdasarkan pengetahuan, pengamatan, pendapat pribadi penulis dan juga dari referensi. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi! Terima Kasih.

Referensi :

Wikipedia. “Epifit”. https://id.wikipedia.org/wiki/Epifit (Diakses 27 Juli 2022).

“Sirih”. https://id.wikipedia.org/wiki/Sirih

“Sirih Gading”. https://id.wikipedia.org/wiki/Sirih_gading