CUMI-CUMI, SOTONG, DAN GURITA, CEPHALOPODA AIR YANG BERNILAI EKONOMI TINGGI BISA DIPANCING DENGAN BENDA MATI

Cumi-cumi Dapat DIkonsumsi Manusia

Terkait Dengan Cumi-cumi, Sotong Dan Gurita Yang Menjadi Bahan Pangan Dengan Harga Tinggi Juga Dapat Ditangkap Dengan Kail Pancing

Cumi-cumi, sotong dan gurita merupakan hewan kelas chepalopoda yang biasa dijadikan sumber pangan, mereka memiliki harga tinggi. Ini tidak lain disebabkan oleh rasanya yang nikmat, dan pengolahannya juga mudah. Jadi jangan heran jika harganya mahal. Dari ketiga hewan air ini, gurita memiliki harga yang paling tinggi. Di Indonesia yang merupakan negara maritim juga biasa menjadikan ketiga jenis hewan air ini untuk konsumsi. Restoran besar hingga warung pinggir jalan juga dengan tema seafood atau makanan laut sering kali ada menu salah satu dari ketiganya, bahkan juga semuanya. Dan mereka juga menjadi komoditas ekspor dari Indonesia.

Termasuk dalam kelas yang sama, cumi-cumi, gurita dan sotong memiliki beberapa kesamaan dari segi fisiknya. Mereka memiliki kaki yang berada pada kepalanya. Karena itu pula mereka dinamakan chepalopoda atau hewan dengan kaki yang menempel atau berada di kepala. Ketiganya juga dikenal dapat menyemburkan tinta berwarna hitam dari kantung tintanya untuk mengelabuhi pemangsa agar bisa kabur. Kantung tinta ini ada yang mengikut sertakan dimasak atau ada juga yang membuangnya. Karenanya jangan heran ketika melihat masakan dengan bahan ini memiliki warna hitam.



Untuk menangkap hewan-hewan air ini terdapat banyak cara. Ada yang menjaringnya, menjebak, memanah, dan bisa juga dengan memancingnya. Untuk memancing hewan ini terdapat cara yang unik. Umpan yang digunakan biasanya adalah umpan buatan yang tentunya tidak bernyawa. Ada yang memakai bulu ayam yang diberi kail di sekelilingnya. Kemudian juga ada kayu,plastik atau bahkan karet yang dibentuk seperti ikan kecil dengan kail yang menempel mengelilingi. Untuk mengelabuhi mereka, umpan-umpan ini juga biasa digerak-gerakkan dengan cara menarik dan mengulurnya. Karena makanan mereka adalah ikan-ikan kecil maka dianggaplah umpan buatan tersebut sebagai makanannya. Ketika kaki-kaki atau tentakel bahkan tubuh yang lunak mereka telah menancap pada kail, maka sangat sulit melepaskan diri. Dan dapat diangkat dari air, yang artinya tertangkap oleh manusia.

​Demikian penjelasan singkat tentang “Cumi-cumi, Sotong Dan Gurita, Cephalopoda Air Yang Bernilai Ekonomi Tinggi Bisa Dipancing Dengan Benda Mati“. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi !

Galeri Gambar :

Cumi-cumi Dapat DIkonsumsi Manusia
Cumi-Cumi
Sumber Gambar : https://pasarkan.kaltaraprov.go.id/detail/cumi-loligoarafura-kecil-1kg-1985

 

Sotong Mempunyai Harga Jual Tinggi
Sotong
Sumber Gambar : https://pasarkan.kaltaraprov.go.id/detail/cumi-sotong-segar-fresh-berkualitas-1-kilogram-kecil-1972

 

Gurita Biasa Dijual Dengan Harga Tinggi
Gurita
Sumber Gambar : https://pasarkan.kaltaraprov.go.id/detail/gurita-besar-jumbo-segar-isi-2-gurita-1989
Referensi :

Wikipedia. “Gulma Laut”. https://id.wikipedia.org/wiki/Cumi-cumi (Diakses 10 Februari 2021).

“Sotong”. https://id.wikipedia.org/wiki/Sotong

“Gurita”. https://id.wikipedia.org/wiki/Gurita