UDANG LEBAH, SPESIES UDANG YANG MENAWAN DAN SERING DIJADIKAN HEWAN HIAS

Udang Lebah Yang Menawan

Ragam Info Tentang Udang Lebah (Bee Shrimp)

Udang lebah (Caridina cantonensis) merupakan spesies udang berukuran kecil dari genus Caridina, famili Atyidae yang hidup diperairan tawar. Ia adalah spesies udang dari Taiwan dan Tiongkok Daratan. Dalam Bahasa Inggris, udang lebah biasa disebut bee shrimp. Tampilan fisik yang menawan membuat orang-orang menyukai udang lebah dan sering dijadikan peliharaan di aquarium atau tank kaca. Biasa dipelihara sebagai udang hias, harga dari udang ini juga lebih mahal dari udang-udang kecil yang biasa dikonsumsi manusia.

Udang Lebah Yang Menawan
Sumber Gambar : https://en.wikipedia.org/wiki/Bee_shrimp#/media/File:Caridina-cf-cantonensis-red-bee.jpg

Udang kecil ini termasuk sebagai hewan omnivora. Makanannya mulai dari potongan-potongan kecil tanaman, daun, buah, daging hewan lain, alga, dll. Udang lebah dapat hidup hingga usia 18 bulan. Suhu air yang ideal untuk hewan kecil ini antara 21 – 26°C. Dia banyak dibudidayakan oleh manusia dan kemudian nantinya bisa dijual sebagai udang hias. Memelihara udang ini terbilang sulit. Selain suhu air yang sesuai, keasaman atau pH air juga menjadi hal yang perlu diperhatikan ketika memelihara udang lebah.

Terdapat banyak variasi warna pada spesies udang lebah, diantaranya udang lebah berpola hitam (black bee pattern), udang lebah pola merah (red bee pattern), udang lebah biru, udang lebah emas, udang lebah hitam, udang lebah putih, udang lebah merah kristal, dll. Untuk jenis udang lebah hitam, putih, serta biru, warna tubuhnya dominan satu warna dengan bintik-bintik hitam kecil. Sedangkan untuk jenis udang lebah pola, warna tubuhnya variasi antara pola dan juga warna putih, lalu juga bintik atau totol hitam berukuran kecil. Spesies udang lebah tuidak mempunyai capit yang besar seperti halnya udang galah dan lobster.

Perbedaan dari udang lebah jantan dan betina bisa dibedakan dari ukurannya, dimana si jantan berukuran lebih kecil daripada betinanya. Betina juga mempunyai perut yang lebih dalam. Saat masa reproduksi, udang lebah betina akan melepaskan feromon untuk memancing udang jantan. Ketika telah kawin dan bertelur, udang betina meletakkan telurnya dibawah perut dan menggunakan pleopoda yang dimiliki untuk mempertahankan sirkulasi air. Waktu penetasan dari telur udang tergantung pada suhu air. Jika suhu air berada pada kisaran 22°C, telur biasa menetas dalam waktu ±28 hari. Sedangkan ketika suhu air pada angka 24 – 25°C, warna udangnya menjadi kuat. Suhu air yang hangat bisa menjadikan daya tahan telur rendah, tingkat kematian yang tinggi, serta masa pubertas yang lebih cepat datangnya. Suhu air yang dingin bisa menjadikan udang lebah lebih lambat masa pendewasaannya, namun ukurannya bisa lebih besar daripada udang lebah yang hidup di air hangat.



Demikian penjelasan singkat terkait dengan “Udang Lebah, Spesies Udang Yang Menawan Dan Sering Dipelihara Sebagai Hewan Hias”. Tulisan ini merupakan pemikiran penulis berdasarkan pada pengetahuan, pengamatan, dan juga dari referensi. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi! Terima Kasih.

Referensi :

Wikipedia. “Bee Shrimp”. https://en.wikipedia.org/wiki/Bee_shrimp (diakses 03 September 2022).