Tanaman Teruntum Yang Mempunyai Banyak Manfaat

Tanaman teruntum mempunyai banyak manfaat

Ragam Info Tentang Tanaman Teruntum Yang Dikenal Mempunyai Banyak Manfaat

Tanaman teruntum mempunyai banyak manfaat
Sumber Gambar : https://id.wikipedia.org/wiki/Mangrove_hitam-bunga_putih

Teruntum merupakan spesies tanaman berkayu yang termasuk dalam salah satu tanaman mangrove. Ia memiliki nama ilmiah Lumnitzera racemosa. Sebutan dari tumbuhan mangrove ini diberbagai daerah di Indonesia beragam, diantaranya : truntum (Jawa), duduk (Jawa dan Bali), duduk laki-laki (Lampung), adu-adu (Madura), api-api balah (Simeule), api-api jambu (Banjar), knias (timor), dan lain sebagainya. Untuk namanya dalam Bahasa Inggris adalah black mangrove atau white-flowered black mangrove.

Sebaran dari tanaman ini begitu luas, mulai dari pantai timur Afrika, Madagaskar, Asia Selatan, Asia tenggara, Papua Nugini, Australia Utara, hingga ke Polinesia. Di wilayah Asia Tenggara, tanaman ini banyak terdapat di kawasan pantai yang menghadap ke Samudera Hindia. Tumbuhan pantai ini menyukai jenis tanah berlumpur padat dan berpasir.

Tanaman teruntum ini dikenal mempunyai banyak manfaat. Ia mempunyai batang dengan kayu yang keras dan mempunyai ketahanan yang baik. Sehingga kerap dijadikan material bangunan, furniture, kayu bakar, kerajinan, dll. Pepagan dari teruntum juga bisa digunakan untuk penyamak dan juga pelapis. Bagi alam, ia juga menjadi pencegah abrasi di wilayah pantai, pemecah ombak dan angin, serta pengikat pasir dan tanah diwilayah pantai.

Morfologi Dari Tanaman Teruntum

Tanaman teruntum tergolong sebagai tumbuhan perdu atau semak. Ia bisa tumbuh hingga memiliki tinggi 9 meter dengan banyak percabangan. Batang tanaman mempunyai pepagan berwarna cokelat kemerahan, pecah-pecah, serta bertekstur kasar. ranting tanaman yang masih muda berwarna kemerahan atau abu-abu, perakaran kuat menancap ke tanah atau pasir, dan tidak memiliki akar nafas. Saat masih muda, ranting berbulu, dan gundul ketika sudah tua.

Daun tunggal bertangkai pendek sekitar 10 mm, warna daun hijau, tebal, berdaging, agak kaku, bentuknya bulat telur, ujung dunnya membundar dengan sedikit lekukan. Daunnya berkumpul pada ujung-ujung tanaman. Perbungaan tanaman muncul dari ketiak daun, panjang, dan memiliki perbungaan majemuk. Bunga berkelamin ganda, berbau sedikit harum, kaya akan nektar, mahkota berwarna putih dengan jumlah pecahan 5 lembar. Kelopak bunga agak gepeng memanjang dengan diametar 6-8 mm, berwarna hijau muda, dan pangkalnya dilindungi anak daun. Benangsari berjumlah 10 helai, sedikit panjang dibandingkan taju mahkotanya. Buah berserat, keras, berbentuk jorong agak kembung dengan ukuran hingga 12 x 4 mm.

Demikian penjelasan singkat tentang “Tanaman Teruntum Yang Mempunyai Banyak Manfaat“. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi !

‚ÄčReferensi :

Biodiversity Warriors.¬† “Teruntum / Lumnitzera racemosa”. https://biodiversitywarriors.kehati.or.id/artikel/teruntum-lumnitzera-racemosa/ (Diakses 27 Oktober 2023).

Wikipedia. “Mangrove Hitam Bunga Putih”. https://id.wikipedia.org/wiki/Mangrove_hitam-bunga_putih

“Teruntum”. https://id.wikipedia.org/wiki/Teruntum