Tanaman Singkil Atau Bebuas Daunnya Bisa Dijadikan Sayur

Deskripsi Tentang Tanaman Singkil Atau Bebuas

Singkil atau bebuas merupakan spesies tanaman berukuran sedang dari genus Premna, familia Verbenacea. Dalam Bahasa ilmiah, ia disebut dengan Premna foetida. Sebutan-sebutan lain dari tanaman singkil ini adalah beruas, buas-buas, ambong-ambong laut, pecah piring, limau pantai, dll. Tumbuhan ini mempunyai daun yang bisa diolah menjadi sayur. Biasanya sebagai sayur sekaligus penyedap dalam kuah atau sup ikan.

Tanaman singkil mempunyai kulit dengan batang halus berwarna abu-abu hingga kecoklatan saat tua. Sedangkan saat masih muda berwarna hijau hingga coklat tua. Ia dapat tumbuh hingga memiliki tinggi 5 meter. Percabangan tanaman banyak dan mudah bertunas. Perbanyakan tanaman lewat vegetatif seperti stek dan juga bisa lewat generatif melalui biji dan juga tunas atau anakan.

Daun tunggal berbentuk menjorong, besar, letaknya berseling, bertangkai panjang berwarna ungu sampai cokelat, tepi bergerigi, permukaan mengkilap, warna daun hijau muda sampai gelap. Daun mempunyai aroma harum saat diremas atau juga dimasak.Untuk rasanya sedikit pahit, serta sedikit manis pedas.

Bunga bebuas adalah jenis bunga majemuk, berwarna putih, berukuran kecil, dan muncul dari ketiak daun. Aroma bunga dari tumbuhan ini juga kuat. Buahnya berukuran kecil berwarna hijau saat muda dan ungu kehitaman ketika ranum. Bentuk dari buahnya bulat dan kadang kala agak pejal. Dalam buah terdapat sebuah biji.

Manfaat Dari Daun Tanaman Singkil

Pada daun tanaman singkil terdapat banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh manusia, diantaranya karbohidrat, serat, alkaloid, kalium, kalsium, zinc, zat besi, fosfor, Vitamin (A, C, dan E), dan masih banyak lagi yang lainnya. Pemanfaatan utama dari daun ini adalah sebagai sayur. Biasanya untuk sayur dalam masakan sup atau kuah yang mengolah ikan. Dengan banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada daunnya, tentu saja memberikan banyak manfaat bagi tubuh orang yang mengkonsumsinya.

Selain diolah menjadi sayur, daun singkil juga bisa diguanakan sebagai obat untuk menambah selera makan, melancarkan ASI, mengobati masuk angin, cacingan, mencegah anemia, menurunkan kolesterol jahat, menstabilkan gula darah, meredakan haid, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Demikian penjelasan singkat tentang “Tanaman Singkil Atau Bebuas Daunnya Bisa Dijadikan Sayur“. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi !

‚ÄčReferensi :

Website Resmi Desa Jatimulyo Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen Jawa Tengah.¬† “Daun Singkil / Waung: Lezat Dijadikan Sayur & Khasiat Dan Manfaat Luar Biasa”. https://jatimulyo.kec-petanahan.kebumenkab.go.id/index.php/web/artikel/149/768 (Diakses 26 Oktober 2023).

Wikipedia. “Bebuas”. https://ms.wikipedia.org/wiki/Bebuas