TANAMAN BUNGA MATAHARI YANG MENJADI SALAH SATU PENGHASIL BUNGA TERBESAR DI DUNIA YANG MEMBERIKAN BANYAK MANFAAT BAGI MANUSIA

Tanaman Bunga Matahari Menjadi Salah Satu Penghasil Bunga Terbesar

Tanaman Bunga matahari menjadi salah satu penghasil bunga terbesar di Dunia yang bermanfaat bagi manusia. Bunga dari tanaman ini juga begitu terkenal di Dunia. Ia memiliki ukuran diameter bunga yang besar. Dalam Bahasa Inggris, bunga yang satu ini disebut dengan sunflower. Bunga yang satu ini tidak hanya digunakan sebagai tanaman hias saja, melainkan juga dapat menjadi sumber pangan bagi manusia. Ya, bagian biji dari bunga matahari menjadi bagian yang biasa dimanfaatkan sebagai pangan.

Informasi Terkait Bunga Matahari

 

Bunga matahari memiliki nama ilmiah Helianthus annuus merupakan tanaman dengan bunga majemuk yang didalam satu tangkai atau tandannya terdapat hingga ribuan bunga kecil. Bunga kecil yang disebut bunga tabung menjadi asal dari bijinya. Sedangkan bunga tepi atau lidah yang besar menjadi bagian tepi dari si bunga matahari yang memiliki kelopak mahkota kuning.

Sebagai salah satu bunga terbesar didunia, bunga matahari dapat memiliki diameter ± 30 cm. Untuk Tanamannya, bunga dapat mencapai 5 meter. Namun tidak semua varietas bunga matahari memiliki ukuran tinggi 5 meter dengan lingkar bunga berkisar di angka 30 cm. Varieatas bunga matahari yang kecil juga ada yang tingginya sekitar 2 meter dengan diameter bunga dibawah 20 cm. Bunga ini biasa melakukan penyerbukan dengan bantuan lebah, karenanya pada bunga ini sering ditemui lebah yang hinggap. Dan dengan banyaknya lebah yang biasa melakukan penyerbukan pada bunga ini, petani juga dapat memanfaatkanya beternak lebah madu. Jadi selain didapat hasil panen berupa biji bunga matahari, juga dapat dihasilkan madu.

Batang tanaman dari bunga matahari berwarna hijau. Pada batang ini terdapat bulu-bulu berwarna putih yang bisa menyebabkan gatal jika terkena kulit. Tidak hanya bunga, daun dari tanaman ini juga besar. Daun tunggal dari tumbuhan bunga matahari bisa sebesar telapak tangan manusia dewasa. Vegetasi yang satu ini juga memiliki keunikan sifat, dimana pucuk tanaman atau yang sudah ditumbuhi dengan bunga akan mengikuti gerak matahari. Jadi jangan heran jika ketika pagi bunga atau pucuk mengarah ke timur dan saat sore sudah mengarah ke barat.

Tanaman bunga matahari ini berasal dari kawasan tropis Amerika utara, dan saat ini ditanam di berbagai Negara di Dunia. Tanaman yang satu ini juga dapat hidup dikawasan subtropik atapun tropik. Beberapa Negara di Eropa menjadikannya sebagai tanaman pertanian. Namun ia tidak tumbuh dengan baik di saat musim dingin dan kandungan air dalam tanah yang tinggi. Sehingga untuk pertanian tanaman bunga matahari biasa dilakukan saat musim semi.

Di Indonesia, tanaman yang satu ini biasa ditanam pada perkebunan di dataran tinggi yang mana kandungan air tanahnya rendah. Perkebunan bunga matahari di Indonesia juga dimanfaatkan sebagai agrowisata. Yang mana menawarkan tour keliling perkebunan.Tumbuhan ini memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, ia tidak hanya menjadi penghasil oksigen saat berfotosintesis. Ia juga bisa menjadi sumber pangan manusia.



Manfaat Tanaman Bunga Matahari Bagi Manusia

Tanaman bunga matahari memiliki banyak manfaat bagi manusia. Tak hanya ditanam sebagai tanaman hias, ia juga memiliki banyak manfaat bagi manusia. Seperti yang telah disebutkan diatas, dimana tanaman ini biasa dibantu lebah untuk melakukan penyerbukan. Dalam hal ini bisa menjadi tempat untuk lebah madu mencari makan yang dalam hal ini nektar. Selain didapat madu dari lebah ternak, proses penyerbukan juga dapat berjalan dengan baik sehingga bisa dihasilkan biji bunga matahari.

Biji bunga matahari dapat menjadi sumber pangan bagi manusia yang memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Biji bunga yang bertekstur layaknya kacang ini kaya akan antioksidan dan lemak tak jenuh. Ia juga bisa mencegah penyakit kanker, serangan jantung, peradangan, diabetes dan masih banyak lagi yang lainnya. Biji bunga matahari yang masih dibungkus dengan kulit tebal sedikit keras biasa kitas sebut dengan kuaci biasa dijadikan sebagai camilan layaknya kacang tanah. Biji kupasan juga biasa dijadikan sebagai isian roti, kue hingga dijadikan selai. Selain dioven untuk dikonsumsi bijinya langsung, ia juga bisa diolah menjadi minyak. Minyak dari biji bunga matahari dapat dijadikan bahan pangan seperti minyak nabati untuk menggoreng, memasak, kosmetik, pijat, hingga bio diesel.

Tak hanya bagian bijinya saja yang memberikan manfaat bagi manusia. Daunnya juga bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Seperti kebanyakan tumbuhan lainnya, ia juga bisa menghasilkan oksigen dari proses fotosintesis.

Demikian penjelasan singkat terkait dengan “Tanaman Bunga Matahari Yang Menjadi Salah Satu Penghasil Bunga Terbesar Di Dunia Yang Memberikan Manfaat Bagi Manusia”. Tulisan ini merupakan pemikiran penulis berdasarkan pada pengetahuan, pengamatan, dan juga dari referensi. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi! Terima Kasih.

Referensi :

Wikipedia. “Bunga Matahari”. https://id.wikipedia.org/wiki/Bunga_matahari (diakses 08 Oktober 2021).