POHON DAMAR MEMPRODUKSI GETAH YANG MEMILIKI BANYAK KEGUNAAN

Getah Damar Memiliki Banyak Kegunaan

Pohon damar begitu dikenal sebagai tanaman penghasil getah yang memiliki banyak kegunaan bagai kehidupan manusia. Dengan banyaknya manfaat dari getah tanaman ini, tentunya bisa dikatakan bahwa ia merupakan tanaman yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Tanaman ini sekarang juga telah banyak dibudidayakan secara komersil untuk diambil getah dan kayunya.

Info Tentang Pohon Damar Memproduksi Getah Yang Memiliki Banyak Kegunaan

Getah Damar Memiliki Banyak Kegunaan
Sumber Gambar : https://id.wikipedia.org/wiki/Damar_(pohon)

Tanaman damar merupakan salah satu spesies tanaman asli Indonesia. Persebaran dari tanaman ini dahulu banyak terdapat di Maluku, Sulawesi dan pulau-pulau sekitarnya hingga ke Filipina. Vegetasi ini dapat tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 1.200 mdpl. Namun lebih sering ditanam di sekitar pinggiran hutan. Ia memiliki marga atau genus Agathis dan berada pada keluarga Araucariaceae. Nama ilmiah dari tanaman ini adalah (Agathis dammara). Tanaman ini memiliki batang besar dan tinggi. Diameter dari batang tanaman bisa mencapai ukuran lebih dari 1,5 cm dan tingginya bisa mencapai 65 m. Kulit batang berwarna abu-abu serta sering terkelupas dan menampakkan kulit yang lebih dalam dengan warna kemerahan.

Pohon damar memiliki batang berbentuk silinder dengan batang tegak. Percabangan tanaman banyak dan membentuk seperti segitiga semu, sehingga tampak seperti percabangan tanaman cemara dan pinus. Daun tanaman berupa daun tunggal dengan posisi berpasangan. Bentuk daun membulat hingga oval dengan ujung lancip. Panjang daun sekitar 6-8 cm dan lebar 2-3 cm. Pohon damar juga memiliki buah dan biji. Buah berbentuk oval hingga bulat dan memiliki kulit seperti sisik. Biji ini terdapat pada bagian dalam buah. Buah ini berasal dari ovari bunga yang membesar menjadi buah.




Damar menjadi salah satu tanaman industri yang saat ini sengaja ditanam untuk diambil getah dan dimanfaatkan kayunya. Namun getah menjadi komoditas terpenting dari tanaman damar. Getah ini berasal dari batang yang sengaja dilukai atau dibacok. Setelah dilukai maka getah keluar dan akan dipanen saat telah menjadi keras seperti kristal dan dengan warna kuning bening. Getah yang membeku ini biasa disebut dengan kopal. Getah dari pohon damar ini memiliki banyak kegunaan. Ia diolah menjadi plastik, plester, cat, vernis, pelapis kayu korek api agar tidak membakar kayu dengan cepat dan masih banyak lagi yang lainnya. Saat ini, getah damar juga tidak dihasilkan oleh tanaman lain dari genus agathis. Dan sebagian besar tanaman dari genus agathis ini tersebar di Kepulauan Nusantara, Pasifik Dan Australia. Sedangkan untuk kayu dari tanaman damar sering dijadikan material furniture, alat musik, bahan bangunan dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan singkat terkait dengan “Mengenal Tanaman Serai Serta Ragam Pemanfaatannya Oleh Manusia”. Tulisan ini merupakan pemikiran penulis berdasarkan pada pengetahuan, pengamatan, dan juga dari referensi. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi! Terima Kasih.

Referensi :

Wikipedia.”Agathis”. https://id.wikipedia.org/wiki/Agathis (diakses 02 Januari 2022).

 “Damar”. https://id.wikipedia.org/wiki/Damar

 “Kopal”. https://id.wikipedia.org/wiki/Kopal

 “Damar (Pohon)”. https://id.wikipedia.org/wiki/Damar_(pohon)