MENGUPAS KULIT BUAH NANAS MEMBUTUHKAN PROSEDUR KHUSUS SUPAYA AMAN DIKONSUMSI

Mengupas Kulit Buah Nanas, Tanaman Nanas Mudah Dibudidayakan

Mengenal Tanaman Dan Buah Nanas

Nanas menjadi salah satu buah tropis yang memiliki kandungan Vitamin C tinggi. Ia merupakan buah asli dari Amerika Selatan (Latin). Namun sebagai buah tropis, tanaman nanas juga tumbuh dengan baik di Indonesia. Saat musim panen, harga dari buah nanas cukup terjangkau. Satu buah nanas biasa dihargai kurang dari dua puluh ribu Rupiah.

Buah yang dalam bahasa Inggris disebut dengan pineaple ini memiliki warna kulit ungu, dan ada juga yang kuning hingga jingga ketika masak. Buah ini memiliki rasa manis sedikit asam ketika matang. Nanas memiliki bentuk daun seperti pedang bermata dua yang kaku dengan duri yang ada pada sisi-sisinya. Meski memiliki bunga, namun nanas tidak memiliki keping biji. Dari bunga-bunga ini kemudian membentuk buah nanas hanya terdiri dari daging yang memiliki kandungan air tinggi. Buah ini memiliki kulit bersisik dengan bagian tengah sisik yang  terdapat cekungan bekas dari tempat menempelnya tangkai bunga. Bagian tengah sisik ini juga seperti makhkota bunga yang kuncup. Pengembang-biakan dari buah ini ada dua cara, yaitu melalui tunas anakan yang berada disebelah tanaman induk atau juga melalui stek tunas yang berada pada bagian atas buah. Tanaman nanas dapat tumbuh di dataran rendah hingga tinggi. Namun kebanyakan pertanian nanas di Indonesia terdapat di dataran tinggi.

Nanas memiliki getah yang dapat menyebabkan gatal dan sensasi panas seperti terbakar ketika terkena bibir, permukaan kulit bahkan juga menyebabkan luka. Untuk membuat getah dari buah ini hilang, maka dibutuhkan prosedur yang baik dalam mengupas kulit dari si buah nanas. Cara untuk mengupasnya tidaklah sulit, berikut ini tahapan-tahapan dalam mengupas kulit nanas.



Cara Mengupas Kulit Buah Nanas

  1. Hal pertama yang dilakukan ketika mengupas kulit buah nanas adalah mengupas seluruh kulitnya.
  2. Kemudian tahap selanjutnya adalah membuang bagian cekungan-cekungan atau lubang yang ada pada buah. Alasan bagian ini dihilangkan karena masih memiliki getah tersebut. Biasanya ia disayat miring untuk membuang lubang-lubang bekas bunga tersebut.
  3. Setelah kedua tahapan tadi dan buah nanas tidak memiliki kulit, dan cekungan berwarna coklat bekas bunga, maka langkah selanjutnya adalah mencuci buah hingga bersih. Tujuannya untuk menghilangkan getah dari si buah nanas yang masih menempel. Dan si buah nanas sudah siap dibelah dan dimakan. Untuk menjaga keamanan dari tangan agar tidak terkena getah yang bisa menyebabkan gatal, anda juga bisa menggunakan sarung tangan plastik yang biasa digunakan untuk memasak. Tetapi jika tidak ada, maka segera cuci tangan sampai bersih bersamaan dengan mencuci buah nanas. Dan sebaiknya lakukan dengan air mengalir.
  4. Langkah terakhir yang biasa dilakukan sebelum mengkonsumsi nanas adalah membelahnya lalu membuang bagian tengah atau jantung dari si buah. Alasan dibuangnya bagian ini karena keras dan rasanya juga tidak terlalu manis. Namun ada juga yang tidak membuangnya, sebab tingkat kekerasannya masih rendah dan bisa dikunyah.

Mengupas Kulit Buah Nanas

Tapi, di Indonesia biasanya buah nanas juga dijual dalam keadaan sudah dikupas kulitnya. Atau untuk yang ingin membeli dalam keadaan kupasan bisa meminta penjual untuk mengupaskannya, tentu dengan harga yang mungkin sedikit berbeda. Ini biasa dilakukan oleh penjual buah nanas musiman yang berada ditepi jalan. Namun ada juga penjual buah umum yang juga melayani jasa kupas buah tersebut. Dan untuk lebih amannya, setelah sampai dirumah dan buah akan dikonsumsi, maka di cuci lagi dengan air mengalir.

Pemanfaatan Dari Buah Nanas

Meski bukan buah asli Indonesia, namun nanas menjadi salah satu buah favorit masyarakat yang memiliki banyak penggemar. Pemanfaatan dari buah ini cukup bervariasi. Ketika matang, buah ini dapat dikonsumsi secara langsung. Nanas juga sering dijadikan sebagai salah satu buah dalam menu rujak. Ia juga bisa dihaluskan atau diperas sarinya untuk dijadikan sebagai minuman yang menyegarkan dan tentunya sehat. Namun, ada juga orang yang memanfaatkan si buah nanas sebagai sayur.

Mungkin masih banyak lagi pemanfaatan dan pengolahan dari buah nanas yang ada dimasyarakat. Walau begitu, untuk mengolahnya juga perlu dikupas dahulu seperti langkah-langkah diatas. Demikian penjelasan singkat terkait dengan “Mengupas Kulit Buah Nanas Membutuhkan Prosedur Khusus Supaya Aman Dikonsumsi”. Tulisan ini juga berdasarkan pengetahuan, pengamatan, pendapat pribadi penulis dan juga dari referensi. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi! Terima Kasih.

Referensi :

Wikipedia. “Nanas”. https://id.wikipedia.org/wiki/Nanas (diakses 12 Agustus 2021).