MENGETAHUI PERBEDAAN ANTARA LENGKUAS DAN JAHE MERAH

Lengkuas dan jahe merah menjadi dua jenis temu-temuan yang biasa dimanfaatkan oleh manusia. Keduanya sering berada di dapur untuk dijadikan sebagai bumbu masak. Dan mereka juga sering berada pada satu masakan yang sama. Biasanya yang ada didapur rumah adalah jahe emprit dan juga jahe gajah. Untuk jahe merah lebih jarang yang memilikinya.Pemanfaatan dari jahe merah ini sama saja seperti dua jenis jahe lainnya. Berbeda dengan jahe emprit dan jahe gajah yang kulitnya berwarna abu-abu ketika masih segar dan berubah menjadi kecoklatan setelah lama disimpan, jahe merah memiliki tampilan yang sekilas mirip dengan lengkuas saat masih segar. Meski begitu, ada banyak perbedaan antara lengkuas dan jahe merah yang dapat anda ketahui. Hal ini juga penting agar tidak keliru dalam pemanfaatannya.

Hal-hal Yang Dapat Digunakan Untuk Membedakan Lengkuas Dan Jahe Merah

  • Warna

Ada dua bagian yang dapat digunakan untuk membedakan lengkuas dan jahe merah, yaitu dari kulit dan daging atau intinya. Warna kulit lengkuas segar yang baru dipetik adalah merah muda (pink), dan akan berubah menjadi coklat bening dengan kulit halus ketika sudah lama disimpan. Sedangkan untuk warna dari jahe merah segar adalah merah hingga merah tua. Kemudian berubah menjadi abu-abu hingga coklat dengan kulit sedikit kasar ketika telah lama.

Kemudian untuk warna inti atau daging dari lengkuas adalah bening dengan warna putih dan akan berubah menjadi sedikit kecoklatan ketika telah lama disimpan. Lalu untuk bagian dalam umbi jahe merah meski juga bening namun berwarna kuning. Warna kuning jahe merah juga akan lebih terlihat pada bagian tengah rimpangnya.

  • Ukuran

Dari segi ukuran juga ada dua bagian dari lengkuas atau laos dan jahe merah yang berbeda. Lengkuas memiliki ukuran rimpang yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran dari rimpang jahe merah. Perbedaan ukuran ini juga ada pada kedua tanaman, dimana ukuran dari hampir seluruh bagian tanaman lengkuas mulai dari batang dan daun yang lebih besar dari jahe merah.

  • Rasa

Perbedaan berikutnya terdapat pada rasa. Meski memiliki rasa sama-sama pedas, namun tetaplah berbeda. Menurut saya, lengkuas memiliki rasa pedas yang tidak terlalu terasa ketika awal dimakan, dan akan berubah menjadi lebih tajam dan lama-kelamaan seperti menusuk lidah. Sedangkan untuk jahe merah pedasnya dari awal hingga akhir dan terkesan lebih halus. Namun ketika dimasak atau dijadikan minuman, terlalu banyak jahe merah bisa menimbulkan rasa sedikit pahit.



  • Harga

Terkait dengan harga, jahe merah memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan lengkuas. Dan untuk penjualannya yang menggunakan satuan berat, tentu lengkuas yang memiliki ukuran rimpang besar lebih berat dan akan lebih sedikit dibandingkan dengan jahe yang lebih ringan dan akan membutuhkan banyak rimpang ketika ditimbang dengan satuan berat.

  • Pemanfaatan

Keduanya punya khasiat untuk menghangatkan tubuh, namun lengkuas lebih sering dijadikan sebagai bumbu masak. Hal ini berbeda dengan jahe, khususnya jahe merah yang pemanfaatannya lebih kompleks, ia bisa dijadikan sebagai bumbu masak, campuran kue, minuman, dan obat. Salah satunya obat untuk masuk angin.

Demikian penjelasan singkat terkait dengan “Mengetahui Perbedaan Antara Lengkuas Dan Jahe Merah. Tulisan ini juga berdasarkan pengetahuan dan pengamatan dari penulis secara langsung. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi! Terima Kasih.