MENGETAHUI PERBEDAAN ANTARA KUNYIT DAN TEMU LAWAK

Tanaman suku temu-temuan memiliki banyak manfaat bagi manusia. Umbi dari tanaman ini yang biasa disebut sebagai rimpang menjadi bagian yang paling banyak dimanfaatkan. Rimpang tanaman temu-temuan juga banyak yang masuk dalam kategori rempah-rempah. Ada begitu banyak umbi temu-temuan yang wujudnya mirip. Temulawak dan kunyit menjadi dua jenis temu-temuan dengan rimpang yang mirip. Namun, sebenarnya keduanya memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan dari kunyit dan temu lawak bisa diketahui melalui ukuran, aroma, warna, pemanfaatan, rasa dan harga. Untuk lebih jelasnya ada dibawah ini.

Perbedaan Antara Kunyit Dan Temu lawak

  • Ukuran

Temu lawak memiliki ukuran umbi lebih besar dibandingkan dengan umbi kunyit. Ini juga terjadi karena ukuran tanaman ini yang berbeda. Dimana temu lawak ukuran tanamannya lebih besar dan tinggi dibandingkan tanaman kunyit. Daun dari temu lawak juga lebih besar daripada daun kunyit.

  • Aroma

Dari aroma atau bau, perbedaan antara kunyit dan temu lawak juga berbeda. Temu lawak berbau tajam, sedangkan kunyit atau kunir berbau lebih kalem. Karena tidak begitu berbau, maka kunyit pula yang sering dijadikan sebagai pewarna makanan. Selain karena memang warna yang dihasilkan juga lebih baik.

  • Warna

Perbedaan dari kunyit dan temu lawak yang selanjutnya adalah pada warnanya. Meskipun memiliki warna sama-sama jingga, namun keduanya tetaplah berbeda. Kunyit memiliki warna jingga merata pada bagian dalam umbi. Bahkan bagian luar umbi kunyit juga berwarna jingga setelah dicuci dan ketika masih segar atau baru dicabut. Untuk temu lawak, warnanya jingga tidak terlalu terang dan merata pada seluruh bagian dalamnya, bahkan pinggiran dari umbi ini berwarna kuning. Jadi ada degradasi warna jingga atau orange dari temu lawak bagian tengah ke pinggir yang berwarna kuning. Lalu untuk kulit, temu lawak memiliki kulit berwarna abu-abu seperti kulit jahe.



  • Pemanfaatan

Kunyit memiliki lebih banyak manfaat dibandingkan temu lawak. Ia sering dijadikan bumbu masak, pewarna alami makanan, masakan dan minuman, hingga dijadikan sebagai obat. Salah satunya obat demam. Berbeda dengan temu lawak yang pemanfaatannya sebagai obat herbal saja. Temu lawak dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk menambah nafsu makan, melancarkan pencernaan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Rasa

Dari segi rasa, kunyit memiliki rasa yang relatif tawar. Sedangkan untuk temu lawak, rasanya sedikit pahit dan getir.

  • Harga

Dari segi harga dari temu lawak bernilai lebih tinggi atau lebih mahal dibandingkan dengan kunyit.

Demikian penjelasan singkat terkait dengan “Mengetahui Perbedaan Dari Kunyit Dan Temu Lawak. Tulisan ini juga berdasarkan pengetahuan dan pengamatan dari penulis secara langsung dan juga dari referensi. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi! Terima Kasih.

Referensi :

Wikipedia. “Temu Lawak”. https://id.wikipedia.org/wiki/Temu_lawak (diakses 07 Juli 2021).

“Kunyit”. https://id.wikipedia.org/wiki/Kunyit