MENGENAL JERUK POMELO YANG MENJADI VARIETAS JERUK TERBESAR DI DUNIA

Jeruk Pomelo Yang Menjadi Varietas Jeruk Terbesar

Jeruk menjadi salah satu buah yang familiar serta disukai banyak orang. Buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Buah yang satu ini cukup mudah dikonsumsi, dan juga banyak cara dalam mengkonsumsinya. Ada yang menjadikannya minuman, dimakan langsung, bumbu masak atau perasa makanan dan lain sebagainya tergantung pada jenis jeruknya. Ada begitu banyak varietas jeruk di Dunia, dari yang kecil hingga besar. Buah jeruk yang kecil salah satunya jeruk sambal atau biasa disebut jeruk limau. Sedangkan untuk jenis jeruk besar, ada jeruk pomelo. Jenis jeruk pomelo menjadi varietas jeruk terbesar yang ada di dunia. Untuk lebih mengenal tentang jeruk pomelo, silahkan baca artikel dibawah.



Informasi Terkait Jeruk Pomelo Yang Merupakan Varietas Terbesar Di Dunia

Jeruk Pomelo Yang Menjadi Varietas Jeruk Terbesar
Sumber Gambar : http://kebunraya.balikpapan.go.id/web/koleksi/detail/627

Jeruk pomelo menjadi varietas jeruk terbesar di Dunia yang dapat ditemukan di Indonesia. Ia juga sering disebut dengan jeruk Bali, padahal pertanian dari jeruk tidak terpusat di Bali. Dalam nama ilmiah, jeruk yang satu ini disebut dengan Citrus grandis atau juga Citrus maxima. Sebagai jenis jeruk terbesar di dunia, tanaman penghasil buah ini juga memiliki ukuran yang tinggi dan besar. Tanaman jeruk ini biasa di budidayakan di dataran tinggi sebagai tanaman pertanian. Tinggi dari tanaman ini bisa lebih dari tiga meter. Daunnya juga memiliki ukuran yang besar dan lebar. Lebar dari daun jeruk ini bisa mencapai 15 cm atau melebihi telapak tangan manusia dewasa. Dan panjangnya bisa sampai 30 cm.

Jenis jeruk yang satu ini merupakan yang terbesar di dunia. Satu buah ini dapat mencapai diameter 20 cm. Hal ini berbeda dengan kebanyakan vairetas jeruk lainnya yang hanya memiliki diameter kurang dari 10 cm. Ketika matang, buah jeruk pomelo memiliki kulit berwarna kuning, dan ada juga yang berwarna kemerahan. Kulit dari buah jeruk ini juga sangat tebal, bisa sampai 2 cm. Kulit dari buah jeruk ini juga sering dijadikan mainan oleh anak-anak di desa, salah satunya untuk roda mobil-mobilan. Untuk mengupas kulit jeruk ini tidaklah semudah mengupas kulit jeruk konsumsi. Kulit jeruk pomelo keras dan kaku seperti kulit jeruk nipis, lemon, limau dan purut. Dan dengan ketebalannya, maka buah ini harus dikupas dengan pisau.

Dengan ukurannya yang besar, tentu siung atau helaiannya juga besar. Ukuran dari satu siung jeruk ini lima kali lebih besar dari jeruk buah pada umumnya. Untuk warna bulir didalam jeruk pomelo yang biasa ditemui ada tiga jenis, yaitu merah, kuning, dan putih kemerahan/pink. Harga dari satu buah jeruk ini cukup terjangkau, tiap buahnya berkisar sekitar Rp. 50.000, dan ketika musim panen raya, harganya malah hanya belasan ribu saja untuk yang berukuran kecil.

Variasi Dalam Mengkonsumsi Jeruk Pomelo

Rasa dari buah jeruk terbesar ini manis-keasaman dan ada juga yang berasa sedikit pahit dan getir tergantung dari jenisnya. Untuk mengkonsumsi jeruk yang satu ini cukup beragam caranya. Anda bisa memakan bulirannya secara langsung. Menjadikannya sebagai salah satu isian dari rujak, hingga menggunakannya untuk isian asinan. Anda juga bisa membuatnya menjadi jus dan juga minuman lainnya.

Demikian penjelasan singkat terkait dengan “Mengenal Jeruk Pomelo Yang Menjadi Varietas Jeruk Terbesar Di Dunia”. Tulisan ini merupakan pemikiran penulis berdasarkan pada pengetahuan, pengamatan, dan juga dari referensi. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi! Terima Kasih.

Referensi :

Wikipedia. “Jeruk Bali”. https://id.wikipedia.org/wiki/Jeruk_bali (diakses 13 Oktober 2021).