MENGENAL BIJI WIJEN YANG BIASA DITEMU SEBAGAI TOPPING PADA MAKANAN

Biji wijen menjadi salah satu jenis biji tanaman untuk pangan yang biasa ditemui pada makanan, seperti pada roti, aneka kue, hingga masakan untuk lauk sebagai topping. Selain itu, minyak dari biji wijen juga menjadi salah satu minyak nabati dengan harga tinggi dengan banyak manfaat.

Informasi Tentang Biji Wijen

Biji wijen merupakan jenis biji tanaman monokotil atau berkeping tunggal dengan ukuran yang begitu kecil kurang dari satu centimeter. Biji ini dihasilkan dari tanaman wijen yang dalam bahasa ilmiahnya disebut Sesamum indicum atau juga Sesamum orientalis. Tanaman wijen termasuk dalam kategori tanaman semak dengan batang yang tidak tergolong rendah. Tinggi maksimalnya sekitar 3 meter, dengan batang berkayu namun mudah patah dan daun ramping.

Tanaman yang satu ini merupakan tanaman dari wilayah tropis di Afrika. Sehingga ia juga baik ditanam pada kondisi iklim tropis seperti di Indonesia. Tanaman ini tumbuh dengan subur pada kondisi tanah kering di dataran tinggi. Untuk tanah dengan kandungan air tinggi malah tidak baik untuk pertanian wijen. Saat kemarau menjadi waktu yang tepat untuk pertanian wijen, sebab ia akan tumbuh dengan baik pada kondisi tanah yang kering dan juga rendahnya curah hujan yang membuat biji wijen lebih berkualitas dibandingkan saat musim hujan.



Pemanfaatan Biji Wijen Sebagai Sumber Pangan Bagi Manusia

Terdapat dua jenis biji wijen berdasarkan warnanya yang sering ditemui dipasaran, yaitu biji wijen putih dan hitam. Biji yang menjadi salah satu sumber pangan ini begitu terkenal di Dunia. Biji wijen putih lebih mudah ditemui dan memiliki harga yang lebih rendah dibandingkan biji wijen hitam. Biji kecil ini akan mengeluarkan aroma harum ketika dimasak, empuk saat dikunyah dan memiliki rasa sedikit manis. Sebagai salah satu jenis serealia, wijen juga bisa menjadi sumber pangan banyak kandungan gizi yang berguna bagi manusia, diantaranya minyak nabati, protein, zat besi, kalsium, serta serat. Ketika disuling untuk diambil minyaknya, kandungan asam lemak jenuh yang rendah, Vitamin E, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Biji wijen menjadi salah satu bahan pangan yang memiliki harga bagus dipasaran. Ia biasa dijual dalam satuan berat. Untuk satu kilo biji wijen putih, harganya bisa lebih dari Rp. 50.000. Sedangkan untuk biji wijen hitam yang lebih sulit didapatkan, tentu lebih mahal lagi. Biji wijen cukup mudah diolah dan pemanfaatan dari biji wijen ini cukup banyak, ia pun bisa matang dengan mudah ketika dimasak. Biji ini biasa dijadikan sebagai topping pada makanan ringan seperti kue, roti, serta es krim, hingga menjadi isian dari makanan-makanan ringan dan campuran pada lauk. Pemanfaatan lain dari biji wijen adalah dijadikan sebagai minyak. Minyak wijen ini juga tidak kalah banyak, diantaranya sebagai minyak goreng, untuk terapi pijat, bumbu masak, kosmetik, pelarut senyawa obat, dsb. Dan tentu dari harga, minyak biji wijen juga masuk jajaran minyak dengan harga tinggi.

Demikian penjelasan singkat terkait dengan “Mengenal Biji Wijen, Bahan Pangan Yang Biasa Ditemui Sebagai Topping Pada Makanan”. Tulisan ini merupakan pemikiran penulis berdasarkan pada pengetahuan, pengamatan, dan juga dari referensi. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi! Terima Kasih.

Referensi :

Wikipedia. “Wijen”. https://id.wikipedia.org/wiki/Wijen (diakses 07 Oktober 2021).