MANFAAT YANG MASIH BISA DIDAPATKAN DARI ARANG JERAMI ATAU MERANG

Padi merupakan tanaman pangan yang paling banyak ditanam oleh petani di Indonesia. Tanaman ini merupakan penghasil biji padi yang berisi beras yang nantinya diolah menjadi makanan pokok, yaitu nasi. Setelah padi dipotong dan diambil bijinya, kemudian batang, daun dan tangkai dari tanaman ini akan dibakar atau ditumpuk pada salah satu sudut sawah atau ladang ketika tidak dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Bahkan untuk mengurangi tumpukan dan meringkasnya, jerami sering dibakar. Setelah dibakar pun, masih ada manfaat dari arang jerami atau merang yang masih dapat diperoleh manusia.



Tiga Manfaat Yang Dapat Diambil Dari Arang Jerami Atau Merang

  • Manfaat yang dapat diambil dari arang jerami atau merang yang pertama adalah sebagai pewarna alami pada makanan dan minuman. Arang dari tanaman padi yang dibakar ini bisa menghasilkan warna hitam. Contoh penggunaan pewarna alami ini adalah untuk pewarna hitam pada cincau. Untuk menjadikannya pewarna juga cukup mudah, anda hanya perlu melarutkan arang jerami atau merang ke air, tentunya air bersih. Lebih bagus lagi jika proses ini dimulai dengan merebus arang ini dengan air bersih sampai mendidih, supaya lebih steril.
  • Arang jerami atau merang juga dapat digunakan sebagai pencuci rambut atau yang biasa kita kenal sebagai shampoo. Dulu sebelum ada shampoo buatan pabrik seperti sekarang ini, arang merang juga digunakan sebagai salah satu shampoo alami. Untuk membuat shampoo dari merang juga cukup mudah. cukup rendam arang didalam air selama beberapa jam, biasanya sekitar 12 jam. Kemudian setelah tinggal mengambil arang yang telah basah atau yang hancur tersebut sebagai pencuci rambut. Keramas dengan arang ini dapat membuat rambut kesat, dan tentunya ini merupakan bahan alami yang aman digunakan.
  • Tidak hanya dapat menjadi pupuk alami ketika membusuk, arang dari jerami atau merang ini juga dapat menyuburkan tanah walaupun telah dibakar. Jadi jika ingin pupuk organik, anda juga dapat menggunakan sisa pembakaran jerami. Dan karena alasan ini pula kadang kala arang jerami dibakar ditengah persawahan. Penggunaan pupuk alami dari tanaman ini juga aman untuk tanaman pertanian. Cara penggunaannya juga mudah, yaitu dengan ditaburkan.
  • Untuk pengganti sabun ketika mencuci piring atau peralatan dapur lainnya. Arang dari jerami atau merang bisa menghilangkan minyak, kotoran dan bau pada peralatan dapur lainnya. Jadi ia bisa dikatakan sebagai pengganti sabun pencuci peralatan dapur. Arang jerami tidak seperti arang kayu, ia rapuh dan mudah hancur menjadi ukuran yang lebih kecil bahkan debu. Untuk menggunakannya sebagai dalam mencuci peralatan dapur juga begitu mudah. Pertama, tentu membasahi permukaan benda yang akan dicuci. Basahi pula sikat atau busa terlebih dahulu agar arangnya mudah menempel. Untuk mempermudah meletakkannya pada sikat atau busa, biasanya arang ini diletakkan pada wadah besar dan kemudian diambil dengan menggosokkan permukaan sikat pada arang, dan nantinya arang akan menempel sendiri. Lalu anda cukup meletakan arang tersebut dipermukaan sikat atau busa lalu digosokkan pada permukaan peralatan yang dicuci, dan yang terakhir tentu membilasnya dengan air sampai bersih.

Demikian penjelasan singkat terkait dengan “Manfaat Yang Masih Dapat Diperoleh Dari Arang Jerami Atau Merang. Tulisan ini juga berdasarkan pengetahuan, pengamatan penulis dan juga dari referensi. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi! Terima Kasih.