BEBERAPA FAKTOR PENYEBAB HARGA MADU KLANCENG LEBIH MAHAL DARIPADA MADU LEBAH BIASA

Madu Klanceng Lebih Mahal
Madu Klanceng Lebih Mahal
Sarang Lebah Klanceng
Sumber Gambar : https://www.blorakab.go.id/index.php/public/berita/detail/2349/wirausaha-lebah-madu-klanceng-prospektif-dikembangkan

Madu begitu dikenal oleh manusia dan telah dimanfaatkan sejak zaman dahulu. Cairan manis ini memiliki begitu banyak manfaat bagi manusia. Terdapat dua jenis madu yang biasa dikonsumsi, yaitu madu hasil lebah madu, dan madu klanceng. Kedua jenis madu ini memiliki perbedaan mencolok pada warnanya. Madu klanceng warnanya coklat gelap, dan lebih gelap dibandingkan madu biasa yang berwarna kuning hingga kuning kecoklatan. Terkait dengan harga, madu klanceng lebih mahal dibandingkan dengan madu lebah. Meski sama-sama bukan hasil budidaya atau yang hidup liar di alam sekalipun. Faktor penyebab madu klanceng lebih mahal daripada madu lebah biasa diantaranya:

  • Hewan yang lebih kecil, sehingga meskipun jumlah individunya banyak madu yang dihasilkan lebih sedikit jika dibandingkan lebah madu
  • Dengan ukuran tubuh yang kecil,  waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan madu yang lama dibandingkan lebah (tawon) madu.
  • Klanceng yang menjadi penghasil madu susah untuk dipelihara atau dibudidayakan. Ia lebih sering hidup liar, dan untuk mendapatkan madu dari serangga kecil ini harus mencarinya terlebih dahulu dihutan, gua, atau tebing. Berbeda halnya dengan lebah madu biasa yang saat ini telah banyak dipelihara.



  • Sarang klanceng yang berada dalam batang pohon bahkan pohon yang masih hidup, celah bebatuan di gua atau tebing membuatnya sulit untuk diambil. Dan dengan ukurannya yang kecil, tentu membutuhkan usaha ekstra untuk mengambil madunya. Berbeda dengan lebah madu liar yang tempat bersarangnya di luar pohon dan gua yang membuatnya lebih mudah dipanen.
  • Rasa dari madu klanceng juga memang banyak yang mengatakannya lebih enak dibanding madu dari lebah, meski sama-sama hidup secara liar. Diyakini juga jika khasiat dari madu klanceng juga lebih banyak daripada madu lebah.
  • Waktu, jumlah, serta sulitnya usaha untuk mendapatkan madu klanceng ini juga membuat persedian barang yang sedikit dipasaran. Hal ini juga sejalan dengan hukum ekonomi dimana permintaan yang banyak dan jumlah barang yang terbatas membuat harga barang tinggi.

Demikian penjelasan singkat terkait dengan “Beberapa Faktor Penyebab Harga Madu Klanceng Lebih Mahal Daripada Madu Lebah Biasa”. Tulisan ini berdasarkan pengetahuan dan pengamatan dari penulis. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan atau Informasi! Terima Kasih.